Sabtu, 29 Desember 2018

Buku Khalifah Karangan K.H Moenawar Khalil + Download

Download - Buku Khalifah Moenawar Khalil
Khalifah (Kepala Negara) Sepanjang Pimpinan Qur-an dan Sunnah adalah salah satu buku karangan ulama Tanah Air, K.H. Moenawar Khalil. Dengan cetakan tahun 1984, buku tersebut sudah sulit untuk dicari. Artikel dibuat untuk memberikan gambaran seputar buku tersebut, sekaligus memberikan link download scan buku yang pernah saya dapatkan dari seorang kawan.

Latar belakang penulisan buku tersebut bisa kita baca pada sampul belakang buku yaitu dilandasi keprihatinan penulis atas problmatikan yang dialami oleh umat Islam yang beliau bahasakan "krisisnya keadaan ummat Islam sekarang". K.H Moenawar Khalil  menyatakan, "Saat krisisnya keadaan ummat Islam sekarang! Ada faktor yang belum terpenuhi dalam merealisir missi da'wah, Khalifah salah satu yang fondamen sebagai penunjangnya"

Dan krisis ummat islam masih kita jumpai dalam kondisi saat ini. maka buku tersebut meski ditulis pada tahun 1980-an masih relevan untuk kita baca.

Menurut K.H Moenawar Khalil,
Mendirikan Khalifah adalah wajib
Di dalam buku tersebut dibahas beberapa hal:
  • Arti Khalifah menurut logat dan istilah,
  • Arti Khalifah dalam al-Quran,
  • Penjelasan singkat arti kata khalifah,
  • Kata Khalifah dalam hadits-hadits Nabi Muhammad SAW,
  • Ta'rif khilafah dan khalifah
  • Kepentingan Khalifah dalam Islam,
  • Hukum Mendirikan Khilafah dan mengangkat khalifah,
  • Orang yang Berhak diangkat menjadi khalifah,
  • Khalifah harus dari keturunan Quraisy,
  • Apakah Khalifah harus orang yang ma'shum
  • Cara Mengangkat Khalifah
  • Perbedaan antara khalifah dan sultan
Tertarik untuk membaca buku tersebut? Silahkan DOWNLOAD DI SINI

Profil Singkat K.H Moenawar Khalil

Disarikan dari safinah.id berikut ini adalah profil singkat dari Kyai Haji Moenawar Chalil. Beliau adalah seorang ulama mumpuni berpaham reformis yang gencar menyebarkan pemahaman “kembali kepada Al Qur’an dan Sunnah” dan memerangi bid’ah, pemerhati kajian-kajian tafsir, hadits, dan fiqih, penulis buku-buku bermutu, dan tokoh langka yang pernah menduduki jabatan penting di dua organisasi reformis terbesar saat itu : Muhammadiyah dan Persatuan Islam

Ulama bernama lengkap Moenawar Chalil bin Muhammad Chalil ini dilahirkan pada bulan Februari tahun 1908 di Kendal, Jawa Tengah. Ayahnya, KH. Muhammad Chalil, adalah seorang pedagang, hartawan, dan seorang kyai. Pada tahun 1934 – 1935, Moenawar Chalil menjabat Pimpinan Redaksi majalah Swara Islam Semarang. Pada tahun 1941, Beliau diangkat menjadi Sekretaris Lajnah Ahli-Ahli Hadits Indonesia sejak Juni 1941 hingga wafatnya. 

Karya Ilmiah K.H Moenawar Chalil

K.H Moenawar Chalil adalah ulama sekaligus penulis yang produktif. Berikut ini adalah karya-karya beliau yang bersumber dari safinah.id:
  1. Kelengkapan Tarikh Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wassalam”. Sebuah karya monumental tentang sirah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wassalam. 
  2. Kembali Kepada Al Qur’an dan As Sunnah”, diterbitkan oleh Bulan Bintang. Kitab inilah yang memaparkan pandangan Moenawar Chalil tentang kewajiban berpegang teguh terhadap sunnah dan menghindari bid’ah. 
  3. Definisi dan Sendi Agama”, diterbitkan oleh Bulan Bintang. 
  4. Nilai dan Hikmat Puasa”, diterbitkan oleh Bulan Bintang. 
  5. Funksi Ulama dalam Masyarakat dan Negara”, diterbitkan oleh Bulan Bintang. 
  6. Kepala Negara dan Permusyawaratan Rakyat Menurut Ajaran Islam”, diterbitkan oleh A. B. Sitti Sjamsijah Solo. Kitab ini merupakan gabungan dari 2 kitab kecil Beliau, yakni “Chalifah Sepanjang Pimpinan Qur’an dan Sunnah” yang ditulis pada tahun 1957 dan buku “Adakah Ulil Amri di Indonesia” yang ditulis pada tahun 1958. 
  7. Riwayat Sayidah Chodijah dan Sayidah Aisyah Permaisuri Nabi Muhammad SAW”, diterbitkan oleh A. B. Sitti Sjamsijah Solo. Kitab ini merupakan gabungan dari 2 buku, yakni “Riwayat Sayidah Chodijah” dan buku “Riwayat Sayidah Aisyah” yang keduanya ditulis pada tahun 1953. 
  8. Biografi Empat Serangkai Imam Mazhab”, diterbitkan oleh Bulan Bintang. Seperti terlihat dalam judulnya, kitab ini berisi biografi empat Imam Madzhab. 
  9. Peristiwa Isra’ dan Mi’raj”, diterbitkan oleh Bulan Bintang. Kitab ini selesai ditulis dan direvisi pada tahun 1959. 
  10. Nilai Wanita”, diterbitkan oleh Al Ma’arif Bandung. Kitab ini berisi pembahasan tentang seluk beluk wanita dalam sudut pandang Islam dan diberi kata pengantar oleh M. Isa Anshary dari Persatuan Islam. Kitab ini juga memuat beberapa tanggapan atas buku Presiden RI pertama Soekarno yang berjudul Sarinah. 
  11. Al Qur’an dari Masa ke Masa”, diterbitkan oleh J. B. Wolters dan kemudian oleh Ramadhani. Kitab ini diberi kata pengantar oleh M. Natsir dan secara umum berisi sejarah Al Qur’an dari masa ke masa. 
  12. Terjemahan dan komentar atas buku “Mengapa Kaum Muslimin Mundur” karya Al Amir Syakib Arsalan, diterbitkan oleh Bulan Bintang. 
  13. Al Mukhtarul Ahadits “Himpunan Hadits-Hadits Pilihan”, diterbitkan oleh Bulan Bintang. Karya ini merupakan perwujudan keinginan Moenawar Chalil untuk menulis kitab Fiqih berdasarkan madzhab Ahlul Hadits. 
  14. Tafsir Quran “Hidaajatur Rahmaan”, diterbitkan oleh A. B. Sitti Sjamsijah Solo dalam bahasa Jawa huruf latin. Kitab ini hanya terbit satu jilid saja (sampai dengan selesai tafsir Juz 1). Moenawar Chalil tidak sempat menyelasaikan kitab ini.
  15. Chutbah Nikah, diterbitkan oleh A. B. Sitti Sjamsijah Solo. Kitab tipis ini berisi beberapa contoh teks khutbah pernikahan. 
  16. Al Fiqhun Nabawy : Fiqh Berdasar atas Pimpinan Nabi SAW”. 
Demikian, semoga bermanfaat.

Mabsus Abu Fatih


Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar