Doa Berlindung dari Kaum Dzalim

Dunia ini tidak akan pernah sepi dari yang namanya orang zalim. Ada kalanya mereka melakukan kezaliman secara sendirian. Ada kalanya secara berkelompok, baik kelompok kecil maupun besar. Bahkan bisa jadi kezaliman tersebut dilakukan oleh sebuah institusi negara. Penjajahan atas negara lain, penindasan rakyat oleh negara yang dipimpin oleh rezim diktator dan represif misalnya adalah contoh dari sebuah kezaliman yang dilakukan oleh negara. Sejarah telah mencatat kisah-kisah orang-orang zalim tersebut. Dan bisa jadi, lembaran sejarah tersebut bisa berulang di kemudian hari dan menimpa diri kita.



Untuk menghadapinya, kita kaum muslimin diperintahkan untuk berdoa dan berlindung dari kaum zalim. Salah satu doa berlindung dari orang zalim bisa kita temukan di dalam QS Yunus [10]:85 sebagai berikut:

فَقَالُوا عَلَى اللَّهِ تَوَكَّلْنَا رَبَّنَا لَا تَجْعَلْنَا فِتْنَةً لِلْقَوْمِ الظَّالِمِينَ

(Lalu mereka berkata, "Kepada Allahlah kami bertawakal. Ya Rabb kami! Janganlah Engkau jadikan kami sasaran fitnah bagi kaum yang zalim) 

berkaitan dengan ayat ini, di dalam Tafsir Jalalain disebutkan bahwa maksud dari ayat tersebut adalah "Janganlah Engkau membuat mereka menang atas diri kami sehingga mereka menduga bahwa mereka berada dalam jalan yang benar lalu mereka berani menyiksa kami."

Dari ayat dan tafsirnya ini, bisa diketahui pula bahwa orang-orang zalim menyangka bahwa mereka berada pada jalan yang benar, sehingga mereka tidak menyadari bahwa mereka telah melakukan kezaliman. Bahkan ketika mereka menang atas pihak yang dizalimi, mereka merasa teguh di atas kebenaran. Terhadap fitnah orang zalim yang merasa di jalan kebenaran itulah kita layak meminta perlindungan Allah SWT. Dan sebagai seorang muslim, doa tersebut di atas layak kita panjatkan. Dalam kondisi apapun, kapanpun dan di manapun. Karena kezaliman bisa mengancam siapapun juga. 

Semoga kita terhindar dari fitnah kaum yang zalim. Dan hanya kepada Allah kita berserah diri.

Mabsus AF

sumber gbr : 4mbilhikmah.blogspot.com

No comments:

Post a Comment

Terima kasih berkenan komentar