31 Maret 2020

Tadzkirah al-Qurthubi dan Kita

Sudah lama membeli buku ini, at-Tadzkirah versi terjemah bahasa Indonesia karangan al-Imam Qurthubi. Namun baru sempat membuka untuk membacanya. Bisa jadi lantaran corona yang memperjelas bayang kematian di depan mata. Sehingga termotivasi untuk menyiapkan bekal kematian. Meski tentu corona tak memajukan ajal, karena ajal adalah ketetapan Allah pencipta corona, bukan ditentukan corona. 

Tapi tidak dipungkiri dan harus diakui bahwa banyaknya kematian wasilah corona, semakin memperjelas bayang kematian yang akan dialami semua insan.

Dua jilid edisi terjemahan ini memiliki tebal sekitar 1500 halaman. Tapi ternyata dalam muqadimahnya, al-qurthubi ( w. 761 H / 1273 M)  menyebutnya sebagai kitab ringkas. Kitab yang boleh jadi oleh sebagian kita dianggap sangat tebal. Namun ternyata, menurut al-qurthubi masuk kitab ringkas.

Menurut pendapat pribadi saya, ada dua alasan kenapa al-Qurhubi menyatakan kitab ini ringkas.
Pertama, karena beliau biasa menulis kitab dengan ukuran sangat besar.  Coba saja googling tafsir al-qurthubi. Jelas at-Tadzkirah sangat ringkas dibandingkan tafsir al-Qurthubi.

Kedua, mungkin karena urusan kematian, roh, alam kubur, kiamat, syafaat, tiupan sangkakala, catatan amal, shirat syurga dan neraka adalah urusan yang sangat besar, luas dan tak terbatas. Dengan alasan ini beliau katakan tadzkirah sebagai kitab yang ringkas.

Jika kitab yang ringkas ini - menurut al-Qurhubi - masih dirasa tebal dan malas untuk kita baca, boleh jadi karena budaya membaca kita dan referensi kita sangatlah memprihatinkan.

Jika diibaratkan,  al-qurhubi adalah atlit yang biasa mengangkat beban ratusan kilogram, sementara kita adalah orang yang baru mengangkat bebas 1-2 kilogram saja encok, kram dan pegal-pegal. Beda jauhkan.  :)

Ingat corona, ingat mati.
Ingat mati ingat syurga neraka
Ingat syurga neraka ingat amal.

Tangerang, 30 Maret 2020

Mabsus
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih berkenan memberikan komentar

CARI ARTIKEL

Populer Bulan Ini

Newsletter