8 April 2020

Video Donald Trump Mendengarkan Tilawah di Gereja Hoax atau Asli?

Dalam sebuah group WhatsApp saya ditanya tentang keaslian sebuah video. Isi video berdurasi sekitar 3 menit lebih tersebut menggambarkan suasana di sebuah gereja. Yang menarik adalah karena nampak Donald Trumph, Presiden Amerika Serikat saat ini nampak duduk di antara barisan peserta. Tentu kamera tidak lepas dari mengambil gambar orang nomor satu di Amerika saat ini. Yang mencengangkan dari video itu adalah adanya lantunan ayat suci al-quran di dalam ruangan tersebut. Asli kah video tersebut. 

Sebelum melanjutkan tulisan ini, barangkali ada yang penasaran dengan video yang saya maksud, berikut saya tampilkan video yang beredar di group WhatsApp tersebut:


Oleh mereka yang gumunan, video tersebut akan disambut dengan riang gembira dengan dikomentari dengan komentar heboh dan berlebihan. Seperti apa komentarnya? Ya begitu deh.

Nah... Sebenarnya gampang untuk membuktikan video tersebut asli atau tidak. Coba berpikir sejenak apa kira-kira kata kunci dari video tersebut. Saya menemukan tiga kata kunci pada video. "donal trumph" sebagai tokoh sentral, "abc news" karena tercantum pada video.  Dan "church" krn tempatnya di geraja.

Kemudian cari di youtube dengan tiga kata kunci tersebut yang digabung "Donal Trumph abc news church". Dan taraaa ketemu deh video yang dimaksud. Video yang diupload 3 tahun silam.

Dan berikut screen shot hasil pencariannya:

Dan berikut link video yang dimaksud.
https://youtu.be/cCnYchWoIEY

Bagi yang mau menyimak langsung via Instagram, bisa tonton langsung di sini :


Coba tonton pada menit 30-35. Sama kan dengan video WA tersebut di atas? Dan tidak ada pembacaan ayat suci al-Quran pada video tersebut.

Jadi jelas yah video tersebut editan?

Tangerang, 08 April 2008


Mabsus Abu Fatih




Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih berkenan memberikan komentar

CARI ARTIKEL

Populer Bulan Ini

Newsletter